Setahun Google Photos: 200 Juta Pengguna, 24 Miliar Selfie

Berita Buzz ID -
Jakarta - Tak terasa Google Photos sudah menjejaki usianya yang ke satu tahun. Google pun membeberkan pencapaian layanan penyimpanan fotonya itu yang ternyata didominasi miliaran jepretan selfie.

Tak tanggung, jumlahnya mencapai 24 miliar foto yang masuk kategori selfie. Sedangkan kalau ditotal kapasitas penyimpanan yang sudah terpakai sepanjang satu tahun berdirinya layanan Google Photos, raksasa internet ini menyebut telah terpakai setidaknya 13,7 petabyte oleh penggunanya.

Total peyimpanan terpakai tersebut bersumber dari 200 juta pengguna yang selama ini menggunakan Google Photos untuk menyimpan koleksi fotonya.

Selain foto, Google Photos juga membeberkan jumlah video, foto kolase dan animasi bikinan pengguna yang ada di layanannya. Tak kalah banyak, kombinasi ketiga kategori mengukuhkan angka hingga 1,6 miliar koleksi.

Menariknya lagi, Google tak cuma bicara angka-angka di hari jadi pertama Google Photo. Penyedia mesin pencarian ini juga menyodorkan kelebihan baru di Google Photos, yakni penyimpanan foto dengan kualitas original tanpa takut kehabisan kapasitas.

Seperti diketahui, Google Photos membatasi penyimpanan tiap penggunanya. Sehingga untuk mengakalinya, banyak pengguna yang lantas mengkompress koleksi fotonya agar bisa lebih banyak yang bisa di-upload. Namun ke depannya hal itu mungkin tak perlu dilakukan, karena Google memberikan kapasitas tak terbatas untuk menyimpan file dengan kualitas original.

Namun ada syaratnya, pada awalnya kelebihan ini hanya akan bisa dirasakan oleh pengguna Nexus. Belum ada kabar soal perangkat di luar Nexus.

Fitur baru lainnya yang dimiliki Google Photos adalah pengenalan duplikasi foto atau hasil jepretan yang blur. Google Assistant disebut-sebut bakal ambil bagian di fitur ini sebagai eksekutor yang akan menentukan foto-foto mana saja yang dianggap ganda dan blur.

Selanjutnya keputusan ada di tangan pengguna, apakah ingin menghapus atau tetap menyimpannya. Tapi fitur ini belum ketahuan kapan hadirnya, selain tidak terlalu istimewa juga mengingat sudah cukup banyak aplikasi pengolah foto yang menyodorkan fitur serupa. (yud/yud)

From Detik Inet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments System

Disqus Shortname