Rutinlah Minum Jus Bit untuk Rambut dan Jantung Sehat

Berita Buzz ID - Selain bisa jadi pewarna makanan alami, bit juga terkenal akan manfaatnya. Kaya akan antioksidan, buah bit dapat membantu detoks dan juga sehatkan rambut.

Warna merah keunguan yang ada pada buah bit berasal dari pigmen yang disebut dengan betanin. Pigmen ini biasa digunakan untuk menambah warna pada makanan.

Berasal dari Eropa, bit pertama kali dibudidayakan oleh orang Romawi. Pada abad ke-19, ditemukan bahwa buah bit mengandung gula alami yang berasal dari sayuran.

Selama bertahun-tahun, bit juga dipercaya sebagai bahan makanan yang kaya akan manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang tekandung dalam bit yang dilansir dalam NDTV (27/05).

1. Membantu detoksifikasi

Bit dikenal dapat membantu tubuh bersihkan sistem pencernaan. Proses detoksifikasi tubuh Anda dengan cara menarik racun ke dalam usus besar. Beberapa studi menunjukkan bahwa jus bit mungkin juga dapat merangsang produksi sel darah merah dan membangun stamina.

2. Rendah lemak dan kalori
Meskipun memiliki kandungan gula alami yang cukup tinggi, akan tetapi buah bit juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak. Karena seratnya yang tinggi, mmebuat kalori pada buah ini menjadi rendah. Sehingga bit bisa dijadikan sebagai makanan untuk diet.

3. Kesehatan jantung
Penelitian telah menjunjukkan bahwa tingginya kandungan nitrat dalam bit daat menghasilkan gas yang disebut dengan nitric oxide. Gas ini membantu untuk rileksasi dan melebarkan pembuluh darah Anda serta tingkatkan aliran darah dan turunkan tekanan darah.

4. Kaya antioksidan

Betanin, pigmen yang memberikan warna pada bit adalah antioksidan yang kuat. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan dapat mengurangi oksidasi kolesterol jahar, melindungi dinding arteri dan mencegah penyakit jantung dan stroke.

5. Folat, fiber dan vitamin C
Bit mengandung serat dan mineral seperti zat besi, kalium dan mangan yang penting untuk keseatan. "Jika ditambahkan dengan bahan makanan lain, tentunya manfaatnya akan lebih banyak," Dr Rupali Datta, Kepala Ahli Gizi Klinik di Rumah Sakit Fortis Escort.

Vitamin C dapat membantu tingkatkan kekebalan, sedangkan folat sangat penting bagi pertumbuhan jaringan dan serat membantu lancarkan pencernaan.

6. Perawatan rambut
Jika rambut terasa kotor dan berketombe, air hasil rebusan bit daoat membantu menghilangkannya. Atau bisa juga mencampurkan jus bit dengan air jahe dan pijatkan pada kulit kepala, diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

(odi/msa) From Detik Food

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments System

Disqus Shortname