Ini Dampak Psikologis yang Dialami Anak Saat Orang Tua Bercerai

Berita Buzz ID -
Jakarta, Ketika pasangan sudah merasa tak cocok, perceraian sering menjadi jalan keluar yang harus diambil. Namun, keputusan ini sangat berdampak pada sang buah hati.

"Paling terasa itu karena perceraian itu enggak dirasakan semua orang, anak jadi merasa berbeda dari yang lain. Sebagai kaum minoritas, anak bisa merasakan sedikit-sedikit insecure atau gak dimengerti orang lain," kata Denia Putri prameswari, praktisi pendidikan anak usia dini.

Hal tersebut tersebut menurut Denia yang bisa menyebabkan anak tidak percaya diri, atau merasa menjadi penyebab perceraian dari orang tua. Selain itu, penceraian juga bisa menggangu pendidikan dan kesehatan sang anak.

"Terakhir, gangguan secara sosial seperti anak menjadi susah dekat dan percaya bahwa ada orang-orang yang lebih baik. Ini karena orang yang dekat dengan dia malah meninggalkan dia dan gak menutup kemungkinan kalau orang baru juga akan meninggalkan dia," lanjut Denia saat ditemui dalam Diskusi: Bagaimana Menjelaskan Perceraian pada Anak, di Gedung Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Baca juga: Orang Tua Bercerai, Perlukah Pembagian 'Jatah Tinggal' untuk Anak?

Denia menyarankan agar orang tua melakukan pendekatan khusus untuk menjelaskan mengenai perceraian pada anak. Hal pertama yang dilakukan yaitu dengan memberi arahan tetang apa itu perceraian pada anak.

Dengan cara ini, anak dapat mengerti bila mereka tidak berbeda dengan orang lain. Penting untuk ditekankan, perceraian adalah akhir hubungan suami istri tetapi bukan hubungan anak dengan orang tua.

"Jadi orang tua memberikan pemikiran jika perceraian bukan akhir dari keluarga, ini hanya papa mama enggak bisa bersama lagi. Namun, kamu tetap bagian dari keluarga ini," lanjut Denian yang baru saja meluncurkan buku 'Kami Tetap Menyayangimu Kelinci Kecil'.

Baca juga: Kadang, Menjelaskan Sebab Ortu Bercerai pada Anak Juga Perlu Dilakukan (up/up)

From Detik Health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments System

Disqus Shortname