Dianggap Aman, WHO Tolak Penundaan Penyelenggaraan Olimpiade 2016

Berita Buzz ID -
Jakarta, Virus Zika mengancam penyelenggaraan Olimpiade2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Meski begitu, WHO menolak penundaan atau pemindahan tempat Olimpiade.

Dalam keterangannya, WHO menganggap penyelenggaraan Olimpiade tidak akan memengaruhi penyebaran virus Zika. WHO menyebut ancaman penularan virus Zika bisa dihindari jika para pengunjung negara Brasil mengikuti travel advise yang diberikan oleh WHO.

"Berdasarkan pengamatan terbaru, virus Zika diketahui ada di hampir 60 negara dan 29 di antaranya ada di benua Amerika. Tidak ada adalan untuk menunda atau memberhentikan penyelenggaraan Olimpiade selama travel advice diikuti oleh pengunjung," ungkap WHO dalam keterangan resminya, dikutip dari Reuters, Minggu (29/5/2016).

Baca juga: Dugaan Kerusakan Mata Pada Bayi Terkait Zika Makin Menguat

Hal ini menimbulkan reaksi dari pada peneliti dan pakar kesehatan masyarakat. Sebelumnya, 150 peneliti dan pakar kesehatan masyarakat menyurati WHO untuk menunda atau minimal memindahkan tempat penyelenggaraan Olimpiade 2016 dikarenakan bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat virus Zika.

Dalam suratnya, peneliti menyebut penyelenggaraan Olimpiade di Rio de Janeiro dapat membahayakan pengunjung dari luar negeri. Selain itu, ada kekhawatiran penyebaran virus Zika dari pengunjung yang tertular di Brasil.

"Risiko yang diambil adalah virus Zika menginfeksi 500.000 pengunjung asal luar negeri, dan mereka kembali ke negaranya membawa virus yang berpotensi menjadi endemi," demikian pernyataan para peneliti.

Dr Ford Vox, pakar kesehatan otak yang turut menandatangani surat untuk WHO menyebut bisa saja langkah ini menimbulkan konsekuensi bahaya global. Bahkan menurutnya, apa yang dilakukan WHO dengan tidak menunda atau memindahkan tempat penyelenggaraan Olimpiade tidak didasari oleh proses pengambilan keputusan yang tepat.

"Saya kecewa dengan respons yang diberikan WHO. Menurut saya respons tersebut menunjukkan WHO tidak memiliki pertimbangan sebelum mengambil keputusan," tuturnya.

Tidak semua ahli menyetujui rencana pemindahan atau penundaan Olimpiade. Jonathan Ball, profesor di bidang Virologi Molekular University of Nottingham mengatakan penyelenggaraan Olimpiade tidak akan berpengaruh banyak terhadap penyebaran virus Zika.

"Kita hidup di dunia yang berkaitan, perpindahan manusia mudah terjadi bahkan hingga antar negara. Dibandingkan dengan itu, risiko peningkatan penularan virus Zika saat Olimpiade ibarat tetesan air di lautan," terangnya.

Baca juga: Musim Panas Ini Dikhawatirkan Virus Zika akan Masuk ke Eropa

(mrs/up)

From Detik Health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments System

Disqus Shortname